Balado kentang

Kebetulan punya stok kentang banyak. Akhirnya dibuat balado aja. Baru pertama aku bikin balado kentang. Dan rasanya…. wuaaaaaaaaaaah… daku sampe mupeng. Sayangnya suamiku ga bisa nyicipin, kalo dia ada, pasti aku udah dipuji mulu huehehe. Tapi untungnya dia ga ada😀 , kalo ga, bisa-bisa stok makan beberapa kali  dia dihabiskan sekali doank.

Bahan:
500 gram kentang, potong tipis
6 buah cabai merah tumbuk kasar
4 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam
minyak untuk menggoreng kentang

Bumbu halus:

5 siung bawang putih
2 buah cabai merah
2 cm lengkuas, memarkan
gula dan garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Haluskan 1 siung bawang putih dan garam, tambahkan air, lalu siramkan pada kentang.
  2. Goreng kentang hingga kering kemudian tiriskan.
  3. Tumis bumbu halus dan bumbu lainnya hingga harum kemudian masukkan kentang. Aduk-aduk hingga bumbu tercampur rata. Angkat.

October 8, 2006 at 1:23 pm 1 comment

Kulit pangsit

Resep ini belum dicoba.
Bahan:

250 gr tepung terigu berprotein tinggi
1 butir kuning telur (hanya untuk
kulit pangsit rebus)
50 cc air putih
1 sdm minyak sayur
1/2 sdt garam
1/2 sdt bumbu penyedap


Cara membuat:

  • Campur jadi satu semua bahan sampai rata lalu kocok dengan mixer selama 10 menit (Atau diuleni sampe kalis betul -tidak lengket di tangan-)
  • Giling tipis dan dipotong-potong, kemudian digoreng dengan minyak banyak tapi api kecil (panaskan dulu minyaknya sebelum menggoreng).  Untuk kulit pangsit rebus, tidak perlu digoreng.
  • Jika belum ingin digunakan, tutup kulit pangsit dengan serbet lembab supaya tidak kering ,sebab kulit pangsit yang kering lebih rapuh dan mudah sobek.


September 25, 2006 at 4:08 pm Leave a comment

Setup sayuran

Suamiku kebetulan suka banget makan sayuran. Jadi aku suka coba-coba segala macam sayuran yang gampang. Aku paling suka sayuran yang masih segar. Makanya aku paling suka kalo sayuran tu dibuat salad. Ini alternatif lain untuk salad (bosen juga salad mulu hehehe). Jenis sayurannya bisa ditambah buncis. Kebetulan tadi di supermarket ga ada buncis, jadi pake seadanya saja.

Bahan:

1 buah wortel, blansir
1/2 kuntum brokoli, blansir
1/4 buah bawang bombai, iris tipis
mentega untuk menumis
1/2 sdt merica

Cara membuat:

  • Blasir brokoli dan wortel
  • Panaskan mentega, masukkan bawang bombai sampai harum
  • Masukkan brokoli dan wortel
  • Tambahkan merica
  • Angkat

Disajikan dengan mashed potato.

September 25, 2006 at 3:45 pm 3 comments

Mashed potato

Bahan
500 gr kentang
Air kaldu ayam untuk merebus
3 siung bawang putih, rajang halus
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt garam (secukupnya)
200 ml susu
4 sdm mentega unsalted
Cara membuat

  • Kupas kentang, potong 1 inchi
  • Rebus kentang sampe empuk dalam air kaldu dan irisan bawang putih
  • Angkat, tiriskan dengan saringan, simpan pada wadah cekung
  • Haluskan kentang, sisihkan
  • Panaskan mentega, susu, merica dan garam. Tuang ke dalam kentang sedikit demi sedikit, aduk rata
  • Oven selama 15 menit (ga dioven juga gpp, cuman aku tadi bikinnya buat makan sahur sih jadi penginnya permukaannya kering hehehe)

Enaknya dimakan ama setup sayuran.

September 25, 2006 at 7:55 am 2 comments

Brokoli saus putih

Sumber: detikfood

Bahan:
200 g brokoli, lepaskan kuntumnya, blansir*
2 sdm mentega
100 g bawang Bombay, iris membujur kasar
75 g daging ayam, potong kecil
1 sdm tepung terigu
150 ml susu cair
1/2 sdt merica hitam
1 sdt garam
2 sdm keju cheddar parut
75 g keju mozzarella, iris kasar

Cara membuat:

  • Susun brokoli dalam pinggan tahan panas yang sudah disemir mentega.
  • Tumis bawang Bombay hingga layu.
  • Masukkan daging ayam, aduk hingga kaku.
  • Taburi tepung terigu, aduk hingga rata.
  • Tuangi susu, tambahkan merica, garam dan keju. Didihkan hingga kental.
  • Angkat.
  • Tuang ke dalam pinggan berisi brokoli. Taburi keju mozzarella.
  • Panggang dalam oven panas hingga keju meleleh.
  • Angkat. Sajikan panas.
  • September 16, 2006 at 12:55 pm 1 comment

    Mie tek tek

    Bahan:
    Mie telor secukupnya (rebus, tiriskan)
    Sawi
    Tomat
    Kol
    Wortel
    Telur
    Mentega secukupnya
    Garam
    Merica
    500 ml air
    1 blok kaldu ayam

    Bumbu halus:
    3 siung bawang putih
    3 siung bawang merah (bisa diganti bawang bombai)
    1 buah kemiri

    Cara membuat:

    • Panaskan mentega. Masukkan telur, buat scrambled egg. Tambahkan garam dan merica secukupnya. Sisihkan telur.
    • Panaskan air, masukkan kaldu blok. Tunggu sampai mendidih. Tambahkan bumbu halus.
    • Masukkan wortel sampai empuk.
    • Masukkan sayuran lain, mie dan telur.
    • Tambahkan garam dan merica secukupnya.
    • Sajikan.

    NB: ga ada fotonya, males ambil foto hihihi

    July 15, 2006 at 7:18 pm 1 comment

    Tumis Tauge

    Bahan:
    300 gr tauge
    4 siung bawang putih, iris tipis
    1/4 buah bawang bombai, iris tipis
    1 buah daun bawang, iris 1 cm
    3 buah cabai merah, iris serong
    1 buah tomat, ambil airnya
    1 sdm saus tiram
    1 sdt garam
    1/2 sdt merica
    100 ml air
    minyak untuk menumis

    Cara membuat:

    • Tumis bawang putih dan bawang bombai sampai harum
    • Masukkan tomat yg sudah diambil airnya, saus tiram, air, garam, merica dan cabai
    • Masukkan tauge, aduk cepat, tambahkan daun bawang
    • Sajikan

    April 23, 2006 at 4:47 am Leave a comment

    Older Posts


    Recent Posts

    Feeds